Oleh: igigrobogan | 04/06/2011

Metode Pembelajaran Eksperimen

Pengertian Metode Eksperimen

Metode Eksperimen adalah Metode atau cara di mana guru dan murid bersama-sama mengerjakan sesuatu latihan atau percobaan untuk mengetahui pengaruh atau akibat dari sesuatu aksi.

Sedangkan menurut Ramayulis, dalam bukunya “Metodologi pendidikan agama Islam” mendefinisikan bahwa Metode Eksperimen ialah suatu metode mengajar yang di lakukan murid untuk melakuka percobaan-percobaan pada mata pelajaran tertentu.

Sedangkan menurut Zakiyah Daradjat tidak memberikan pengertian jelas, ia hanya mengatakan bahwa Metode Eksperimen adalah metode percobaan yang biasanya di lakuka dalam mata pelajaran tertentu.

Sedangkan menurut Departeman Agama memberi definisi bahwa Metode Eksperimen adalah peraktek pengajaran yan melibatkan anak didik pada pekerjaan akademis, latihan dan pemecahan masalah atau topik seperti: shalat, puasa, haji, pembangunan masarakat dan lain-lainnya.

Adapun target Metode Eksperimen adalah

1. Murid dapat membuktikan kebenaran riil dari teori-teori hukum yang berlaku

2. Diharapkan dengan metode ini murit dapat kepuasan dari hasil belajarnya

Langkah-langkah metode eksperimen

* Menerangkan Metode Eksperimen

* Membicarakan terlebih dahulu permasalahan yang seknifikasi untuk di angkat

* Sebelum guru menetapkan alat yang di perlukan langkah-langkah apa saja yang harus di catatdan variebel-variebel apa yang harus di kontrol

* Setelah eksperimen di lakukan guru harus mengumpulkan laporan, memproses kegiatan, dan mengadakan tes untuk menguji pemahaman murit

Kelebihan Metode Eksperimen

* Menambah keaktifan untuk berbuat dan memecahkan sendiri sebuah permasalahan

* Dapat melaksanakan metode ilmiah dengan baik

Kekurangan Metode eksperimen

* Tidak semua mata pelajaran dapat menggunakan metode ini

* Murid yang kurang mempunyai daya intelektual yang kuat kurang baik hasilnya.

Hal-hal yang Perlu di perhatikan dalam melakukan Metode Eksperimen adalah:

1. Persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang di butuhkan

2. Usahakan siswa terlibat langsung sewaktu mengadakan eksperimen

3. Sebelum di laksanakan eksperimen siswa terlebih dahulu di berikan penjelasan dan petunjuk-petunjuk seperlunya

4. Lakukan pengelompokan atau masing-masing individu melakukan percobaan yang telah di rencanakan bila hasilnya belum memuaskan dapat di ulangi lagi untuk membuktikn kebenaranya

5. Setiap kelompok atau individu dapat melaporkan hasil percobaanya secara tertulis.

Metode Demonstrasi Dan Eksperimen ini cocok digunakan apabila:

1. Untuk memberikan latihan keterampilan tertetu pada siswa.

2. Untuk memudahkan penjelasan yang di berikan agar siswa langsung mengetahui dan dapat terampil dan melakukannya.

3. Untuk membantu siswa dalam memahami sesuatu proses secara cermat dan teliti

About these ads

Responses

  1. info yang bermanfaat :)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: